Ertino Bagas Firmansah adalah alumni Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto yang berhasil menembus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di tahun 2017. Pada Kamis pagi (4/1), Ertino bertandang ke Pondok Pesantren Al-Amin putra dan putri untuk berbagi informasi dan pengalamannya sebagai seorang praja IPDN dengan santri-santri kelas XII. Saya ingin membuka mata para santri, bahwa santri sebenarnya pun mampu untuk menembus IPDN dan menjadi abdi negara, ucap Bagas. Gayung bersambut. Kesempatan tersebut kemudian difasilitasi oleh Tim Bimbingan dan Konseling MA Pesantren Al-Amin dan tidak disia-siakan oleh para santri kelas XII yang memang memerlukan beragam informasi terkait pilihan studi lanjutan saat mereka purna dari pesantren. 
Terbukti, kegiatan tersebut diikuti oleh para santri dengan antusias. Fahmi Cesar Al-Farizi, salah satu santri kelas XII, berpendapat bahwa kegiatan sharing pengalaman yang dilakukan tersebut sangat bermanfaat bagi santri-santri kelas XII. Kami jadi bisa mendapatkan info-info tentang bagaimana IPDN itu dan tips-tips untuk mempersiapkan seleksi masuknya. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuka pandangan bahwa sekolah ikatan dinas bisa menjadi alternatif utama sebagai pilihan lanjutan studi, demikian ujar Fahmi. Antusiasme para santri juga tampak dari santri putri yang merasa bahwa durasi kegiatan yang masih kurang.(Kegiatan sosialisasi ini) Sangat bermanfaat karena menjadi tambahan wawasan yang cukup luas pada santri putri yang mayoritas kurang memahami tentang IPDN dan sekolah ikatan dinas lainnya. Harapannya semoga di lain kesempatan, durasi kegiatan bisa lebih maksimal lagi, ucap Ihza Amalia. 
Di akhir kegiatan, Ust. Anang Fathurrozi selaku Wakil Kepala MA Pesantren Al-Amin menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian para alumni yang bersedia berbagi pengalaman kepada santri-santri dan sangat berharap para alumni meraih kesuksesan di masa depan dan selalu ingat kepada almamaternya, Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto. Sebagai informasi, Forum Silaturahim Alumni Al-Amin (Fosil Alam) sebagai wadah alumni Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto, sudah mentradisikan kegiatan berbagi pengalaman kepada santri-santri sebagai upaya menebar inspirasi. (Erdy)

Facebook


Instagram

@alaminmojokerto