Organisasi Santri Ma’had Al-Amin (OSMA) kembali sukses selenggarakan ALIES.  ALIES edisi tahun 2018 kali ini pun berlangsung sangat meriah. Diselenggarakan pada minggu (11/01) lalu, ratusan siswa SD/MI telah memadati  gedung Pondok Pesantren Al-Amin sejak pukul 06.00 WIB. Mereka semua berasal dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur. Pagi itu, sebagian mereka sedang melengkapi persyaratan registrasi. Tidak sedikit pula peserta yang terlihat sedang membaca buku dan mempersiapkan diri mengikuti olimpiade yang akan segera dimulai beberapa saat kemudian.
Sekilas ALIES 2018
Al-Amin Intelligence Elementary School (ALIES) adalah salah satu ajang olimpiade mata pelajaran SD/MI paling bergengsi di Jawa Timur. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Organisasi Santri Ma’had Al-Amin (OSMA) setiap tahunnya, untuk memberikan wahana kompetisi bagi para siswa SD/MI di Jawa Timur. ALIES memperlombakan beberapa mata pelajaran, di antaranya yaitu mata pelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 
Tidak tanggung-tanggung, total hadiah ALIES 2018 kali ini mencapai 20 juta rupiah. Selain itu, para juara I dan II dalam setiap kategori olimpiade juga akan mendapatkan tambahan hadiah berupa voucher umroh senilai 10 juta rupiah. 
Acara ini dibuka oleh Drs. H. Ach. Jazuli, S.H., M. Si. selaku perwakilan dari Perkumpulan Pendidikan dan Sosial Al-Amin. Turut hadir pula Ust. Saiful Huda selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Amin, Ust. Imaduddin selaku Kepala Madrasah Aliyah Pesantren Al-Amin, dan Ust. Hanafi selaku Kepala Pondok Pesantren Al-Amin. 
Penyelenggaraan ALIES 2018 kali ini pun mendapat berbagai tanggapan positif dari para peserta lomba. 
“Sangat menarik, saya telah menyiapkan diri untuk mengikuti ALIES sejak lama,” ucap Andini, salah satu peserta ALIES 2018. 
Setelah proses perlombaan yang ketat akhirnya diumumkan juara ALIES 2018, sebagai berikut:
Olimpiade Mata Pelajaran IPA
Juara I : Nafisa dan Mutiara dari SDN Kranggan
Juara II : Sabrina dan Andini dari SDN Muhammadiyah Krian
Juara III : Aiman Firdausy dan Lady Briany dari SDN Kumantri
Olimpiade Mata Pelajaran Matematika
Juara I : Rosyidah Izzatul dan Rahayu Khoirunnisa dari SDN Mojosari
Juara II : Sayidatina dan Reza Afzal dari SDN Gedongan
Juara III : M. Rizky dan Nadzar Alya dari SDN Mojosari
Olimpiade Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Juara I : Refina dan Laras dari Little Camel IBS
Juara II : Jefri dan Radja dari SDN Gedongan
Juara III : Adelia dan Zida dari MI Nurul Huda
Olimpiade Mata Pelajaran Bahasa Arab
Juara I : Evilani Al-qurani dan Kurnia Putri dari MI Dwi Dasawarsa
Juara II : M. Lutfi dan Abdillah Harits dari MI Dwi Dasawarsa
Juara III : M. Faza K. dan Zakira Nadiah dari MI Miftahul Ulum
 

Facebook


Instagram

@alaminmojokerto