Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan Al Amin adalah pembelajaran berbasis IT dan praktikum. Metode ini memadukan berbagai media untuk mendukung pembelajaran santri. Tujuan didirikannya Pondok Pesantren Al Amin tidak hanya membangun kualitas di bidang keagamaan. Sebagai lembaga pendidikan, Al Amin turut tanggung jawab atas tantangan zaman melalui penguasaan sains dan teknologi. 
Tahun ini, Al Amin berikan kesempatan para siswa Madrasah Ibtidaiyah untuk mengikuti agenda baru, Wisata Sains. Program ini diadakan dengan memberikan fasilitas berupa rangkaian praktikum IPA di laboratorium Al Amin. Siswa juga diajak mengenal teknologi lebih dekat melalui uji ketangkasan di laboratorium komputer.
Wisata sains diikuti oleh siswa/siswi kelas 5 dan 6 MI Miftahul Ulum Mojoanyar. Kunjungan dilaksanakan Jumat (02/03) dari pukul 07.30 hingga 10.00 WIB. Kegiatan dibuka oleh Kepala MA Pesantren Al Amin, Ust. H. Muhammad Imaduddin, S.Pd.I, M.M. "Agenda wisata sains kali ini diadakan agar para siswa dapat mengetahui pentingnya penguasaan sains dan teknologi di era sekarang. Salah satunya perwujudannya melalui praktikum IPA dasar dan komputer." tutur Beliau. Selain itu beliau menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan jadi pengalaman baru bagi mereka. Prosesi penyerahan jas laboratorium oleh Ust. Saiful Huda, S. Ag., M.Pd. I. penanda kegiatan dimulai.
Tujuan awal kegiatan adalah untuk memahamkan anak-anak atas pentingnya pemanfaatan teknologi dan pendalaman pengetahuan sains. Fenomena penyalahgunaan teknologi dan minimnya pengetahuan sains rentan terjadi pada anak-anak. Untuk menanggulangi kesalahpahaman penggunaan teknologi dan minimnya pengetahuan sains,  Al Amin selengarakan pembelajaran dalam bentuk Wisata Sains. Dikemas dengan model santai, Wisata Sains jadi metode pembelajaran luar kelas yang menarik. Hal ini didasari atas sinkronisasi teori yang didapat di kelas dan uji coba di laboratorium.
 Praktikum didampingi dan dipandu langsung oleh santri MA Al Amin. Cakupan materi praktek adalah uji kandungan makanan, percobaan kimia sederhana, pengukuran, dan lain-lain. Sebagian siswa diarahkan ke laboratorium komputer ikuti uji ketik cepat menggunakan 10 jari. Di akhir acara, para siswa diajak keliling Al Amin untuk melihat proses penanaman tanaman dan hasilnya dalam green house.
             Para siswa terlihat antusias selama proses pelaksanaan berlangsung. Kepala MI Miftahul Ulum, Ibu Muzaiyatin, berikan apresiasi dan dukungan atas berjalannya program ini. Wisata Sains bangun kesadaran mereka untuk eksplorasi pengetahuan sains dan teknologi teknologi. Selain itu, program ini sangat membantu siswa atas wawasan baru yang belum pernah mereka dapat. Kunjungan sains ini akan jadi agenda terbuka bagi madrasah manapun yang ingin eksplor lebih jauh di bidang saintek. (Rina)

Facebook


Instagram

@alaminmojokerto